10 Tips Memulai Bisnis Sendiri Saat Masih Mahasiswa

Posted on

Memulai bisnis sendiri saat masih menjadi mahasiswa? Tentu ini adalah hal yang menarik sekaligus penuh tantangan. Tidak sedikit bisnis kelas dunia yang dimulai ketika pendirinya masih kuliah. Bill Gates memulai Microsoft dari kamar asrama di Harvard University. Begitu pun dengan Google yang awalnya adalah tugas kuliah dari Sergey Brin dan Larry Page saat kuliah di Stanford. Dan pastinya kita semua kenal Facebook, jejaring sosial terbesar di dunia yang dimulai saat Mark Zuckerberg masih berkuliah di Harvard University.

peluang-bisnis-mahasiswa

Menjadi orang super kaya dari bisnis sendiri seperti para pebisnis di atas mungkin memang masih menjadi impian yang jauh di awang-awang. Namun tidak ada salahnya untuk bermimpi dan memiliki keinginan bisa mendapatkan penghasilan selama kuliah melalui bisnis sendiri.

Memulai bisnis sendiri saat menjadi mahasiswa butuh trik-trik khusus. Jangan sampai bisnis yang dimulai justru berjalan tanpa arah dan mengorbankan kuliah. Di bawah ini akan dipaparkan secara singkat 10 tips memulai bisnis sendiri saat menjadi mahasiswa.

Tips Memulai Bisnis Sendiri Saat Masih Mahasiswa

1. Lakukan apa yang kamu cintai
Kunci sukses pertama dalam memulai dan membangun bisnis sendiri, baik itu untuk mahasiswa maupun orang umum, adalah lakukan apa yang kamu cintai. Oleh karena itu pastikan bisnis yang kamu mulai kamu lakukan dan jalankan dengan sepenuh hati.

2. Ketahui keinginanmu
Bagaimana kamu memposisikan bisnis saat ini? Manakah yang menjadi sampingan, kuliah atau bisnis? Sebagai mahasiswa yang menjalankan bisnis, kemampuan untuk mengatur waktu dan menentukan skala prioritas akan menjadi kunci suksesmu.

3. Radikal
Mahasiswa biasanya memiliki ide-ide baru, orisinil, penuh energi, bahkan terkadang dipandang tidak masuk akal. Lakukan sesuatu yang baru dengan bisnismu. Jangan gentar untuk mengemukakan ide baru. Namun pastikan ide-ide yang kamu ungkapkan tetap masuk akal untuk direalisasikan dalam bisnis. Patut diketahui, sehebat-hebatnya produk bila tidak ada orang yang membutuhkannya maka akan percuma.

4. Tetap ikut aturan
Meskipun bisnis yang kamu jalankan masih seumur jagung, tidak menjadi alasan untuk tidak mengikuti aturan yang berlaku dalam dunia bisnis. Pastikan untuk memperhatikan segala aspek legal-formal dalam bisnis. Menjalankan bisnis sesuai dengan aturan yang berlaku akan memberikan keuntungan untukmu dikemudian hari.

5. Mengatur waktu
Menjalankan bisnis selama menjadi mahasiswa memang memberikan tantangan tersendiri. Ada dua peran yang kamu jalani, sebagai mahasiswa dan juga pengusaha. Pastikan kamu bisa bertindak efektif dan efisien selama menjalankan kedua peran tersebut agar kamu bisa menggapai kesuksesan dalam menjalankan perkuliahan dan bisnis.

6. Manfaatkan fasilitas kampus
Kadangkala menjalankan bisnis saat masih menjadi mahasiswa memberikan tantangan, salah satunya modal. Dengan berpikir kreatif, kamu bisa memanfaatkan beragam fasilitas kampus untuk mengembangkan dan membesarkan bisnismu. Jaringan internet kampus, jaringan pertemanan, hubungan dengan dosen, dan berbagai hal yang ada di kampus bisa kamu maksimalkan. Kuncinya adalah berpikir kreatif.

7. Cari mentor
Terkadang yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sendiri adalah keberanian untuk melakukan langkah pertama. Hanya saja mengandalkan keberanian semata justru bisa menjadi bumerang untuk bisnismu. Belajarlah dengan para pengusaha lokal yang telah sukses atau bergabunglah dengan komunitas bisnis untuk menambah jejaring dan mendapatkan mentor. Pengalaman para mentor menjadi ilmu dan kesempatan yang luar biasa berharga untukmu dalam mengembangkan bisnis.

8. Online
Semakin pesatnya perkembangan internet membuat bisnis semakin berevolusi. Maraknya bisnis online membuktikan bahwa internet menjadi media yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Tidak ada salahnya memanfaatkan dan memaksimalkan internet untuk membesarkan bisnismu.

9. Berbuat baik pada diri sendiri
Salah satu permasalahan mendasar ketika memulai bisnis sendiri adalah menjadi superman. Artinya tidak jarang memulai bisnis sendiri benar-benar berarti menjalankan semuanya sendiri. Sebagai pemula dalam dunia bisnis ini merupakan hal yang wajar. Berikan kesempatan untuk dirimu relaksasi dan mendapatkan hiburan sejenak. Tidak ada salahnya menyisihkan sedikit keuntungan untuk rekreasi, hangout, atau sekedar nonton. Ketika tubuh dan pikiran sudah tersegarkan kembali, hal itu akan membawa dampak positif untuk bisnis.

10. Tahan mental
Tidak jarang kita terlalu silau dengan kesuksesan seorang pebisnis ternama tanpa kita tahu bagaimana prosesnya yang berdarah-darah untuk mencapai kesuksesan tersebut. Berbagai rintangan, cemoohan, ejekan, dan lain sebagainya mungkin saja adalah hal-hal yang sering mereka alami. Nah, apakah mentalmu sudah siap untuk menahan semua halangan dan rintangan tersebut?

Itulah 10 tips memulai bisnis sendiri saat masih menjadi mahasiswa. Masih banyak lagi pelajaran yang bisa kamu ambil diluar sana selain dari 10 tips ini. Untuk sukses, cara paling cepat adalah belajar pada orang yang sudah sukses. Jangan lupa ambil hikmah atas kegagalan-kegagalan yang pernah mereka alami karena itulah kunci kesuksesan mereka.

Gravatar Image
Suka Travelling dan memberikan info mengenai apa saja yang mudah dipahami, semoga artikel yang saya sajikan bisa bermanfaat dan "Tetap Semangat!!"

One thought on “10 Tips Memulai Bisnis Sendiri Saat Masih Mahasiswa

  1. Gravatar Image Batu Mustika says:

    terimakasih atas infonya . . baca juga punyaku ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *