5 Hal Mendasar Dalam Memulai Bisnis Online

adsense-fallback

Memulai bisnis online tidak sulit? Ya, sebenarnya memulai bisnis online tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun jangan juga menjadikan Anda menyepelekannya. Perlu Anda ingat bahwa yang menjalani bisnis online bukanlah Anda seorang diri. Ada ratusan, ribuan, bahkan ratus ribuan orang diluar sana yang melakukan apa yang akan Anda jalani ini, bisnis online.

adsense-fallback

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa yang menjadi strategi Anda dalam menjalankan bisnis online? Bagaimana cara Anda untuk mendatangkan pengunjung pada lapak online Anda dan mengonversinya menjadi pembeli? Berikut strategi dasar dalam memulai bisnis online yang harus Anda ketahui.

Langkah-Langkah Dasar Memulai Bisnis Online

1. Segera bangun website

Memang membangun website saat ini bukanlah satu-satunya cara untuk mendatangkan pengunjung. Tapi percayalah, keberadaan website tetap penting karena dianggap sebagai representasi dari kantor/toko resmi Anda di dunia maya. Anda bisa memanfaatkan website sebagai salah satu saluran penjualan dengan menjadikannya sebagai web ecommerce atau menjadikannya sebagai online company profile bisnis anda.

Anda bisa membuat website sendiri dengan menggunakan beberapa software CMS (content management system) semacam WordPress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya. Namun, bila Anda merasa hal tersebut bukanlah sesuatu yang Anda mampu lakukan, pekerjakan saja pihak lain. Cukup googling dan cari saja jasa pembuatan website atau jasa pembuatan toko online.

2. Buat tampilan yang menarik

Pastikan tampilan website Anda menarik. Tampilan website yang menarik menjadi kunci untuk memenangkan hati calon konsumen. Biasanya calon konsumen tidak akan berlama-lama berada di website yang tampilannya tidak menarik bahkan cenderung norak. Anda bisa menggunakan jasa web designer profesional untuk mendapatkan website yang menarik.

Apa patokan suatu website dianggap menarik? Sebenarnya mudah, pernahkah Anda mengunjungi website yang membuat Anda betah di dalamnya karena tampilan dan suguhan informasinya yang menarik? Nah, website itulah yang dapat Anda jadikan sebagai patokan website yang menarik.

3. Uji website yang Anda buat

Setelah website yang Anda inginkan selesai. Langkah selanjutnya adalah menguji website tersebut. Posisikan diri Anda sebagai calon pembeli. Ketika mengunjungi website tersebut, apakah Anda merasa nyaman? Apakah website tersebut memudahkan Anda dalam mencari suatu produk atau sebuah informasi?

Bila perlu undanglah beberapa teman dekat Anda untuk ikut sama-sama menguji website Anda. Mintalah pendapat dan masukan dari mereka tentang apa yang perlu diperbaiki, ditambah, dikurangi, atau dipertahankan. Jadikan masukan tersebut sebagai bahan evaluasi.

4. Hubungkan website ke sosial media

Seperti telah dijelaskan sebelumnya di atas, website saat ini bukanlah satu-satunya media untuk memperkenalkan produk Anda. Kini ada berbagai media jejaring sosial dimana orang banyak berkumpul di dalamnya. Oleh karena itu langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online adalah dengan menghubungkan website Anda dengan berbagai media jejaring sosial. Jadikan media jejaring sosial sebagai sebagai salah satu media promosi bisnis Anda.

5. Gunakan selain media sosial sebagai alat promosi

Adalah sebuah kesalahan jika Anda hanya mengandalkan media jejaring sosial sebagai satu-satunya alat promosi website bisnis Anda. Mengapa? Karena belum tentu calon pembeli dan pelanggan potensial Anda aktif di media jejaring sosial. Ada banyak media online yang bisa menjadi lahan potensial untuk mempromosikan bisnis Anda. Contoh forum online, milist (mailing list), dan lain sebagainya.

Media online seperti forum-forum online dan mailing list sebenarnya adalah potensi yang luar biasa. Biasanya seseorang mengikuti forum online atau milist karena adanya minat yang khusus. Forum online dan milist biasanya berisi suatu tema khusus, misal otomotif, wanita dan kecantikan seperti infofemina.net, kesehatan, blogging, wisata seperti webwisata.com dan lain sebagainya. Nah yang menjadi tugas Anda adalah mencari dan mengidentifikasi forum-forum online dan mailing list yang sesuai dengan bisnis Anda.

Demikianlah lima hal mendasar dalam memulai bisnis online. Anda dapat menggali lebih banyak informasi di dunia maya yang bisa digunakan untuk semakin memperkuat pondasi bisnis online Anda. Selamat berkreasi

adsense-fallback