5 Jurus Ampuh Dalam Memulai Bisnis

Posted on

Memulai bisnis adalah sesuatu yang mudah, tapi tidak demikian dengan menjalankan dan membesarkannya. Tanpa dibekali mental dan pengetahuan yang cukup, menjalankan bisnis bisa menjadi momen yang menguras emosi. Terlebih bila Anda memulai bisnis dan menjalankannya di usia yang relatif muda, saat masih menjadi mahasiswa atau saat baru lulus kuliah misalnya.

langkah memulai bisnis

Perlu diketahui, berbisnis tidaklah selalu akan menghasilkan keuntungan. Tidak jarang kiat-kiat sukses yang terbukti berhasil pada seorang pebisnis, misal mentor Anda, ternyata tidak berhasil pada bisnis yang Anda miliki. Seperti halnya dalam memasak, resep yang sama dimasak oleh koki yang berbeda hasilnya bisa saja berbeda. Begitu pula dalam bisnis. Di bawah ini akan dipaparkan secara singkat 5 jurus ampuh dalam memulai bisnis.

1. Ikuti passion

Ada banyak opsi bisnis yang dapat Anda pilih untuk memulai bisnis Anda sendiri. Anda bisa menjual produk, baik dengan membuat produk sendiri maupun sebagai reseller produk, atau jasa. Apapun jenis bisnis yang Anda pilih, pastikan Anda lakukan dengan sepenuh hati. Lebih bagus lagi bila bisnis yang Anda pilih sesuai dengan passion, sesuatu yang akan Anda lakukan secara totalitas.

2. Jangan lupa motivasi

Apa tujuan Anda dalam berbisnis? Sudahkah bisnis yang Anda mulai didasarkan pada motivasi yang paling kuat? Mengapa motivasi jadi begitu penting? Karena ketika bisnis mulai mengalami kelesuan, stagnasi atau bahkan penurunan, maka Anda bisa mengingat lagi apa motivasi tertinggi Anda dalam memulai bisnis. Jadi silahkan renungkan sudahkah motivasi Anda dalam memulai bisnis benar-benar sesuatu yang memicu Anda untuk totalitas?

BACA JUGA: 5 Hal Mendasar Dalam Memulai Bisnis Online

3. Kejujuran dan kepercayaan

Kejujuran adalah modal tidak terlihat yang sangat berharga dan penting untuk dimiliki oleh semua pebisnis. Banyak orang yang baru memulai bisnis menganggap sepele hal yang satu ini. Padahal dengan memiliki kejujuran Anda akan memenangkan kepercayaan orang lain, baik itu mitra bisnis, investor, pelanggan, maupun orang lain yang mungkin saja tidak terkait secara langsung dengan bisnis kita.

4. Kreativitas dan inovasi tiada batas

Bisnis yang bisa bertahan, tumbuh, dan berkembang adalah bisnis yang selalu dinamis. Syarat sebuah bisnis bisa dinamis haruslah memiliki kreativitas dan inovasi. Anda tidak bisa mengandalkan kesuksesan hari ini untuk bertahan di masa depan. Bisa saja bisnis kompetitor Anda yang saat ini terlihat belum sukses, di masa depan justru melebihi pencapaian dari bisnis Anda.

REFERENSI: Ingin Memulai Bisnis Sendiri? Pelajari 8 Hal Ini

5. Promosikan bisnis disetiap kesempatan

Mempromosikan bisnis adalah sebuah keharusan bagi semua pemilik bisnis. Anda dapat memanfaatkan berbagai media dan momen untuk mengenalkan bisnis Anda pada masyarakat luas. Mungkin media online adalah sarana yang paling digemari untuk digunakan sebagai alat promosi bisnis saat ini, mengalahkan pamor media cetak maupun media elektronik. Jangan lupa juga memanfaatkan momen-momen pameran karena disana Anda bisa berinteraksi langsung dengan calon pelanggan bisnis Anda. Pada akhirnya, apapun media atau cara yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, pastikan sesuai dengan tujuan bisnis Anda dan kekuatan finansial saat ini.

Gravatar Image
Suka Travelling dan memberikan info mengenai apa saja yang mudah dipahami, semoga artikel yang saya sajikan bisa bermanfaat dan "Tetap Semangat!!"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *