3 Bahaya Menginstal Aplikasi Gratis di Smatphone

adsense-fallback

Salah satu daya tarik utama bagi pengguna gadget adalah banyaknya aplikasi gratis yang disediakan di toko aplikasi google play dan iOS App Store, pengguna bisa mengunduhnya secara Cuma-Cuma dan memakainya tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun. Namun dibalik embel-embel gratis tersebut, pengguna tetap harus waspada dari berbagai bahaya yang mengintai Smartphone anda, terlebih jika anda mengunduhnya bukan melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play untuk OS Android dan iOS App Store untuk pengguna iPhone.

adsense-fallback

Hal ini diungkapkan dari penelitian Wiliam Halfond dan beberapa peneliti gabungan lainnya dari universitas di Kanada, hasilnya terbukti jika aplikasi yang ada pada Smartphone memberikan beberapa dampak buruk bagi baterai, memori dan juga paket data pada smartphone.

BACA JUGA: Tips Aman Akses Internet Menggunakan Smartphone

Berikut ini penjelasan yang sudah dirangkum dari hasil penelitian tim Halfond tentang bahaya menginstall aplikasi smartphone gratis.

  1. Baterai
    Pada smartphone, baik itu yang memakai OS Android, iOS ataupun windows phone telah banyak disediakan aplikasi gratis pada toko aplikasinya, dan berdasarkan hasil penelitian, telah diketahui sekitar 16 persen kapasitas baterai pada Smartphone akan terbuang sia-sia.
    hal ini tentu saja akan menyebabkan daya baterai menjadi cepat habs hanya dalam waktu sekitar satu jam. Dan penyebab dari permasalahan ini dikarenakan adanya keberadaan iklan yang biasa ditemukan pada aplikasi gratis, hal itu tentu akan memakan lebih banyak daya baterai.
  2. Memori
    Dari keberadaan iklan pada aplikasi gratis tersebut, bukan hanya mempengaruhi daya baterai yang cepat habis, namun juga berdampak buruk pada prosesor dan memori smartphone. Sekitar 48 persen waktu proses dari prosesor dan 22 persen RAM akan habis dimakan iklan-iklan mobile yang bergentayangan pada apilkasi-aplikasi gratis. Dan tentu saja imbas akhirnya akan membuat Smartphone anda menjadi lebih lemot.
  3. Paket Data
    Aplikasi gratis yang anda unduh dari toko aplikasi akan menghabiskan paket daya hingga 79 persen, dan hal itu disebabkan karena munculnya keberadaan iklan. Agar bisa tetap menampilkan iklan – iklan tersebut, maka aplikasi akan membutuhkahkan lebih banyak kuota data dari yang seharusnya, dan beberapa kasus bahkan iklan mobile tersebut bisa menghabiskan paket data yang setara dengan aplikasi itu sendiri. Dan hasilnya akan membuat pengeluaran paket data lebih boros dari biasanya.

Dari penjelasan diatas, sudah bisa dipastikan jika aplikasi yang digratiskan yang ada pada toko aplikasi dapat membahayakan smartphone anda, khususnya untuk daya baterai, memori serta paket data. Dan sangat disarankan untuk lebih selektif lagi dalam memilih dan memasang aplikasi gratis pada smartphone.  Ada baiknya anda hanya menginstal aplikasi yang benar-benar anda butuhkan dan jangan lupa untuk menghapus secara rutin aplikasi yang sudah tidak anda pakai lagi.

adsense-fallback