Tips Aman Menggunakan Bluetooth dan Wifi

adsense-fallback

Semakin bertambahnya ilmu seseorang memang dapat bermanfaat bagi orang lain, namun jika yang memilikinya orang tak bertanggung jawab justur akan digunakannya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara mengambil hak orang lain. Sekarang ini mencuri tak hanya di dunia secara nyata, melainkan menggunakan sebuah smartphone pun orang juga dapat mencuri.

adsense-fallback

Dia adalah hacker, hacker tersebut memasuki atau menjebol sistem keamanan pada smartphone orang lain melalui celah sekecil apapun yang dapat dimasukinya. Tujuannya pun juga sangat banyak, ada yang hanya iseng, ada yang ingin mengetahui data pribadi, bahkan yang menggunakannya untuk memata matai pun juga ada. Jika smartphone kita sudah dibobol hacker maka bukan tidak mungkin data kita akan diketahuinya, salah satu celah yang dimanfaatkan oleh hacker yaitu melalui jaingan Bluetooth serta wifi. Namun anda tidak perlu takut, anda bisa melakukan pencegahan dengan melakukan beberapa tips aman menggunakan Bluetooth dan wifi berikut.

BACA JUGA: Penyelamatan Pertama Smartphone Tercebur Air

Hati hati ketika menggunakan wifi

Ketika anda sedang mungkin berada di suatu lokasi hotspot umum, maka sebaiknya anda jangan tergiur untuk menggunakannya. Jika anda tidak terdesak sebaiknya anda lebih memilih untuk menggunakan kuota pribadi dari provider yang anda gunakan. Hal itu disebabkan karena mungkin saja jaringan wifi tesebut telah dimanipulasi oleh orang yang mampu memasuki sistem keamanan smartphone anda. Anda masih dapat menggunakan wifi namun sebaiknya anda pilih tempat yang kira kira lebih terpercaya serta aman. Kalian bisa juag menggunakan wifi yang terpercaya semisal wifi.id. Namun kadang terdapat masalah yaitu susah log out untuk berpindah ke device lain. di muhirapage.com ini ada solusinya di 2 Cara Log Out Wifi Id Terbaru

Pasang antivirus

Altenatif kedua yaitu anda harus memasang antivirus di smartphone. Hal ini untuk mengantisipasi adanya virus yang masuk melalui jaringan Bluetooth maupun wifi. Beberapa virus didesain untuk mengamati serta merekam apa saja yang anda lakukan kemudian mengirimkan ke pembuatnya. Bukan tak mungkin hal itu akan dapat membuat data data privasi anda seperti password, mobile bankin dan lain lain dapat terekam oleh virus tersebut.

Pastikan selalu Bluetooth mati ketika tidak digunakan

Fitur Bluetooth ini banyak digunakan orang untuk hal hal negatif salah satunya untuk memasukkan program yang mampu menjebol sistem smartphone anda. Oleh karena itu pastikan selalu Bluetooth smartphone anda mati untuk menghindari hacker tak bertanggug jawab.

Jangan simpan data yang sangat penting di smartphone

Ketika anda ingin menyimpan data yang menurut anda sangat penting sebaiknya anda pikirkan lagi. Anda lebih baik menyimpannya pada laptop anda, hal itu untuk berjaga jaga ketika ada hacker yang memasuki sistem smartphone anda maka tidak ada data penting yang perlu anda khawatirkan. Namun cara lainnya anda dapat mengunci aplikasi yang menyimpan data tesebut jika anda memang harus menyimpannya di smartphone. Dengan terkuncinya aplikasi penyimpan data tersebut maka akan membuat hacker semakin sulit untuk mendapatkan data tersebut.

BACA JUGA: Cara Membedakan Xiaomi Asli Dengan Palsu

Selalu berhati hatilah ketika anda menggunakan fitur yang disediakan smartphone ini yaitu wifi dan Bluetooth, meskipun banyak manfaatnya namun kelemahannya juga banyak. Demikian tips aman menggunakan Bluetooth dan wifi, semoga bermanfaat.

adsense-fallback