Ini Akibatnya Jika Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Merawat komputer bisa dari banyak hal, salah satunya dengan langkah langkah ketika anda menggunakan. Orang yang terburu buru mungkin malas untuk mematikan komputer sesuai prosedur yang benar yaitu melalui shutdown, namun orang itu lebih memilih menekan tombol power langsung di CPU bahkan langsung mencabut kabel power.

Hal itu bukanlah merupakan cara yang benar, jika sudah sering melakukan itu maka komputer anda akan tekena imbasnya sendiri. Apakah anda sering melakukan itu? Jika sering, ketahuilah beberapa akibatnya jika anda sering mematikan komputer tanpa shutdown.

1. Merusak processor

gambar processor

gambar processor

Kita tahu bahwa processor bagi sebuah komputer merupakan otak yang menjalankan semua perintah.  Tanpa adanya processor ini maka komputer tidak dapat bekerja semestinya. Oleh karena itu karena begitu pentingnya processor, maka kita wajib menjaganya dengan mematikan komputer secara tepat menggunakan shutdown. Pada saat anda mematikan komputer melalui shutdown maka kipas komputer tidak akan langsung mati, kipas masih menyala untuk mendinginkan processor. Namun ketika anda langsung mematikannya, maka kipas tidak akan mendinginkan processor sehingga processor menjadi panas dan semakin lama dapat membuat processor terbakar.

2. Silinder hardisk rusak

gambar harddisk

gambar harddisk

Ketika anda mematikan komputer melalui shutdown maka komputer akan otomatis menyimpan data data yang tadi bekerja di hardisk terlebih dahulu sebelum mati. Namun jika anda langsung mematikannya tanpa melalui shutdown, hardisk yang sedang bekerja akan mati sehingga data dapat dipastikan akan hilang dan yang paling parah yaitu silinder pada hardisk akan rusak.

3.RAM rusak

gambar RAM PC Komputer

gambar RAM PC Komputer

Fungsi RAM memang begitu penting untuk sebuah komputer. Dengan adanya RAM ini kita mampu menjalankan berbagai fungsi komputer salah satunya menjalankan program atau aplikasi karena RAM berfungsi menyimpan perintah perintah sementara. RAM juga yang mendukung multitasking pada komputer anda. Namun RAM juga sangat rentan terhadap kerusakan apalagi jika anda sering mematikan komputer tanpa melalui shutdown.  Ketika anda melakukan shutdown maka memory pada RAM yang berisi perintah perintah akan dikosongkan sehingga isi memory akan kosong. Namun ketika anda mencabutnya langsung atau menekan tombol power langsung akan membuat perintah perintah pada RAM belum sempat dikosongkan sehingga tersimpan pada RAM, padahal kita tahu bahwa fungsi RAM hanya untuk menyimpan perintah sementara saja. Hal itu sangat beresiko membuat RAM anda rusak.

4.Power supply rusak

gambar power supply

gambar power supply

Akibat lainnya dari mematikan komputer tanpa shutdown yaitu dapat merusak power supply pada CPU komputer anda. Jika anda melakukan shutdown maka processor akan memerintahkan program untuk menghentikan semua proses yang bekerja pada komponen komputer, sehingga pemutusan arus dari power supply pun juga tidak langsung memutuskan semua arus namun masih mengalirkan untuk beberapa komponen yang masih membutuhkan. Sebaliknya saat anda mencabut kabel power langsung maka arus otomatis akan terhenti semua, tak hanya akan merusak power supply hal tesebut juga akan merusak komponen komponen lain.

Setelah anda mengetahui apa saja bahaya atau akibat dari mematikan komputer dengan cara yang salah, apakah anda masih ingin mematikan komputer tanpa shutdown?

About Kang Dede

Suka Travelling dan memberikan info mengenai apa saja yang mudah dipahami, semoga artikel yang saya sajikan bisa bermanfaat dan "Tetap Semangat!!"

Speak Your Mind

*