Membuat Bird Feeder Dari Buah Pinus (Pine Cone)

Posted on

Bird Feeder atau Pengumpan Burung memang masih sangat jarang di Indonesia. Masyarakat lebih senang dengan memelihara burung di dalam sangkar. Namun sejatinya, burung lebih suka berterbangan bebas di angkasa. Untuk itu di negara luar negeri banyak yang membuat bird feeder yang dipasang di halaman rumah ataupun taman dekat rumah mereka. Dengan bagitu kita bisa melihat pemandangan burung bebas berkeliaran di halaman rumah kita.

Di luar negeri sudah banyak bird feeder yang bisa kita buat secara mandiri ataupun beli di toko. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bird feeder secara home made pun dapat dengan mudah didapatkan seperti pine cone (buah pohon pinus), kotak susu bekas, pipa, bahkan cangkir bekas. Berikut sedikit info bagaimana cara membuat bird feeder dari biji cemara yang saya dapatkan dari diybirdhouse.com. Kita bisa membuat pine cone bird feeder ini bersama anak anak kita. Jadi dapat melatih rasa cinta terhadap alam dan melestarikannya. Selain menyenangkan, proyek kerajinan ini cukup murah dan mudah dibuat bersama anak anak.

membuat-pine-cone-bird-feeder-bersama-anak
membuat pine cone bird feeder bersama anak

Kita juga mendapatkan kepuasan menonton burung liar makan dari hasil karya Anda. Kami ingin menonton burung berwarna-warni yang berbeda di halaman kami (ditambah mereka juga makan serangga sehingga cukup membantu mengusir serangga).

Proyek membuat pine cone bird feeder ini merupakan favorit banyak keluarga, kamp musim panas, dan sekolah, dan Anda bahkan mungkin ingat membuat sesuatu yang sama ketika Anda masih kecil.

Inilah yang akan Anda butuhkan untuk membuatnya:

  • buah pohon pinus (pine cone)
  • cat akrilik non-toxic  (opsional)
  • krim selai kacang, mentega biji bunga matahari , atau minyak sayur (seperti Crisco)
  • pakan burung
  • benang atau pita
  • kantong plastik atau piring kertas
  • sendok atau pisau mentega

Proyek bird feeder ini berpotensi rumah anda sedikit berantakan, jadi mungkin sekeluarga bisa membuatnya di halaman belakang atau area outdoor.

Berikut Langkah membuat Pine Cone Bird Feeder

Cari buah pohon pinus (pine cone) dan bawalah pulang. Hiaslah dengan cat yang tidak beracun jika Anak kita suka tampilan warna-warni lalu biarkan cat benar-benar kering.

Sekarang olesi selai kacang ke pine cone sampai di antara sisik. Jika Anda khawatir tentang anak-anak alergi kacang, Anda dapat mengganti selai kacang atau mentega kacang, seperti mentega biji bunga matahari, atau minyak sayur untuk selai kacang. By the way, sebelum kita memulai proyek ini saya melakukan sedikit riset untuk memastikan itu tidak apa-apa untuk burung liar untuk makan selai kacang-itu sebenarnya baik-baik saja bagi mereka.

Kemudian gulung pine cone yang telah diolesi mentega/selai ke dalam pakan burung atau taburi pakan di atasnya, pastikan untuk mendorong biji bijian ke dalam selai kacang. Di sinilah hal bisa mendapatkan sedikit berantakan, sehingga melakukan hal ini atas piring kertas atau dalam kantong plastik, dan, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, di luar ruangan.

Ketika kita sudah selesai, potong pita atau tali lalu ikatkan di bagian atas pine cone, lalu gantung di pohon, dan tunggulah beberapa waktu sambil amati teman berbulu untuk makan. Jadi kita bisa melihat burung hinggap di pine cone bird feeder kita. Sekalian kasih tahu ke anak kita burung apa yang sedang hinggap.

Pencarian terkait :

    cara membuat bird feeder (1)
Gravatar Image
Suka Travelling dan memberikan info mengenai apa saja yang mudah dipahami, semoga artikel yang saya sajikan bisa bermanfaat dan "Tetap Semangat!!"