5 Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

Smartphone memang harus selalu bergantung pada internet agar bisa digunakan secara maksimal, namun sayangnya harga untuk paket internet di indonesia masih terbilang cukup mahal, seiring dengan makin banyaknya menjalankan komunikasi dengan internet, maka kebutuhan akan paket internet pun semakin lebih besar.

Hemat Kuota

Di indonesia, beberapa paket data yang disediakan operator seluler biasanya terbagi menjadi 2 tipe, yang pertama paket internet unlimited dan kedua, paket yang berdasarkan kuota. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satunya paket internet unlimited mempunyai kelebihan bisa dipakai pengguna sepuasnya, namun tentu jika melebihi batas penggunaan maka kecepatan internet pun akan turun, yang tentu saja akan membuat koneksi semakin lelet. Hal ini berbeda dengan paket internet yang berdasarkan kuota, namun jika pengguna memakainya secara berlebihan maka pengguna harus membelinya lagi agar bisa menikmati kencangnya berinternet.

BACA JUGA: Tips Aman Akses Internet Menggunakan Smartphone

Apapun pilihan paket yang anda pilih, tentu saja harus tetap memantau penggunaan kuota agar sisa kuota yang anda beli bisa tetap hemat. Nah berikut ini 5 cara yang bisa anda lakukan agar bisa menghemat kuota pada smartphone anda.

1. Mengawasi Penggunaan Data

Sebelum anda membeli paket data, ada baiknya anda juga harus mengenali tentang kebiasaan yang anda lakukan, apakah anda menggunakanya hanya untuk browsing, bermain game online, menonton video, atau kegiatan download.

Anda bisa dengan mudah memantau dan mengenali kebiasaan yang anda lakukan, karena masing masing OS Smartphone seperti Android, iOS dan Windows Phone telah dilengkapi pengaturan paket data. Anda bisa menggunakan fitur bawaan pada masing-masing smartphone atau juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satunya aplikasi Onavo Count yang bisa melacak penggunaan data pada smartphone android.

Dengan lebih mengenali penggunaan data dan mengetahui sumber pemborosan data, maka anda bisa mengatur kembali kegiatan online anda, seperti membuka aplikasi yang boros data hanya menggunakan WiFi atau menggunakannya pada jam-jam tertentu yang biasanya operator seluler memberikan bonus kuota internet.

2. Matikan Update Otomatis

Menggunakan fitur Update otomatis memang memudahkan anda untuk bisa menggunakan aplikasi dengan versi terbaru tanpa harus repot untuk memperbaharuinya secara manual, namun jika anda tidak mengendalikannya, tentu akan menjadi boomerang bagi anda, yang akan membuat kuota internet menjadi cepat habis.

Jika dalam 1 hari terdapat 3 aplikasi yang berukuran 20 MB memperbaharui menggunakan layanan data, maka sudah dipastikan anda kehilangan 60 MB kuota internet yang tebuang sia-sia.

Untuk mengatasi hal ini, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan fitur update otomatis, anda bisa mengaturnya dengan memilih pembaharuan aplikasi secara manual atau memperbaharui secara otomatis saat smartphone anda terkoneksi dengan WiFi, dengan Begitu maka smartphone anda tidak akan memperbaharui dengan menggunakan koneksi seluler pada smartphone anda.

3. Minimalkan Download Aplikasi

Smartphone memang mempunyai banyak aplikasi yang bisa anda coba secara gratis, namun kegiatan ini tentu saja akan bisa membuat kuota internet anda menjadi cepat boros. Anda harus bisa mengurangi kegiatan download dan tetap memperhatikan ukuran file yang akan anda download.

Beberapa aplikasi smartphone mempunyai ukuran file yang sangat besar, namun kategori yang memiliki ukuran besar adalah game,seperti game Contract Killer yang mempunyai ukuran sekitar 295 MB. Jika anda tidak memperhatikan hal ini, maka akan bisa menghabiskan banyak kuota.
Pilihah aplikasi yang penting dan menunjang kebutuhan sehari-hari anda, selain bisa bisa menghemat kuota, pengurangan dalam mendownload aplikasi juga bisa membuat memori smartphone anda menjadi semakin lega, dan hasilnya smartphone anda bisa digunakan secara lancar.

4. Pintar Menonton Video Online

Menonton video streaming memang menyenangkan, namun jangan kaget jika kuota anda akan cepat habis dalam sekejap. Kegiatan sreaming video ini membutuhkan data dengan jumlah yang besar, dan ada baiknya jika melakukan kegiatan ini dilakukan menggunakan WiFi gratis.
Salah satu cara untuk dapat mengakalinya adalah dengan menurunkan kualitas video sebelum anda memutarnya, Youtube biasanya memberikan pilihan kepada penonton antara 270p hingga 1080p. Semakin tinggi kualtas video, hasil yang akan anda dapat pun semakin bagus, dan tentu pengeluaran kuota pun akan semakin besar, jadi ada baiknya anda memiliki dengan kualitas yang terkecil, anda juga bisa menggunakan alternatif dengan cara menontonnya secara offline, karena youtube sudah memberikan fitur ini kepada para penggunanya.

5. Kompresi Data Browser

Beberapa peramban web telah melengkapi fitur Kompresi Data otomatis saat menjelajah internet menggunakan smartphone, fitur ini sangat berguna terlebih bagi yang memiliki kuota pas-pasan, selain menghemat kuota, fitur kompresi data juga bisa mempercepat saat anda melakukan kegiatan browsing.

Beberapa browser yang sudah mempunyai fitur kompresi data adalah Chrome dan Opera Mini, dengan menggunakan browser tersebut maka anda sudah bisa menghemat dan mempercepat kegiatan browsing, hal ini dikarenakan kedua brwoser tersebut menggunakan server mereka sendiri untuk dapat mengompres data dari situs-situs yang anda kunjungi.

Itulah 5 cara yang bisa anda lakukan untuk bisa menghemat kuota, khususnya untuk pengguna smartphone, dengan lebih mengetahui cara dan informasi diatas, maka diharapkan pemborosan kuota dapat lebih dikurangi. Sehingga anda pun tidak lagi merasa jengkel saat kuota tiba-tiba habis.

About Kang Dede

Suka Travelling dan memberikan info mengenai apa saja yang mudah dipahami, semoga artikel yang saya sajikan bisa bermanfaat dan "Tetap Semangat!!"

Speak Your Mind

*