Penyelamatan Pertama Smartphone Tercebur Air

Banyak pengguna smartphone yang menggunakan gadgetnya tersebut dimana saja tanpa mengenal tempat, mungkin karena memang didesak oleh kebutuhan yang mengharuskan dia membuka smartphonenya ataupun karena hal lainnya. Namun hal tersebut memiliki resiko yaitu jika misalnya anda berada di tempat yang terdapat banyak air maka akan beresiko smartphone anda jatuh ke dalam air karena mungkin terlepas dari tangan ketika memegang-nya.

penangan pertama smartphone tercelup air

Oleh karena itu mulai saat ini sebaiknya ketika anda ingin menggunakan smartphone, lebih baik anda lihat lihat tempat tersebut terlebih dahulu, pastikan tempat tersebut aman sehingga tidak ada resiko smartphone anda tercebur ke dalam air. Namun jika anda sudah mengalaminya, maka anda harus cepat dalam penanganannya supaya smartphone tersebut tidak menjadi rusak. Tangani dengan cara cara berikut.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Whatsapp di Browser

Lepas apa saja yang terpasang di smartphone

Ketika smartphone anda tercelup air, maka anda setelah terangkat dari air anda perlu untuk melepas semua yang terpasang di smartphone dalam hal ini misalnya baterai, sim card serta memory eksternal. Hal itu karena jika baterai anda sudah terlepas maka tidak akan terjadi hubungan pendek yang dapat membahayakan ponsel anda. Selain itu, lepas juga sim car serta memory eksternal yang terpasang.

Jangan pernah menekan tombol apapun

Mungkin kebanyakan pengguna smartphone yang mendapati ponselnya tercebur ke dalam air pasti akan mengeceknya apakah smartphone masih hidup atau tidak dengan menekan tombol power. Cara  tersebut ternyata salah besar, hal itu dikarenakan ketika smartphone anda tercelup ke dalam air mungkin saja ada air yang masuk ke dalamnya tanpa kita ketahui dan jika kita menyalakan tombol power maka aka nada arus listrik yang bekerja dari baterai sehingga ada resiko terjadi hubungan pendek. Oleh karena itu sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu smartphone anda kering baru anda bisa mengeceknya.

Hindari menggunakan hair dryer untuk pengering

Untuk mempercepat pengeringan kadang orang memilih untuk menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Padahal alat tersebut menimbulkan suhu panas yang dapat merusak komponen di dalam smartphone anda, selain itu penggunaan hair dryer juga justru akan membuat air masuk lebih dalam, hal itu dikarenakan hair dryer meniupkan angin bukanlah menyedot. Oleh karena itu anda lebih baik menggunakan vacuum cleaner, selain karena suhu yang tidak panas juga karena vacuum cleaner ini dapat menyedot air yang ada di dalam smartphone anda.

BACA JUGA: Mengatasi BCA Mobile Error 101 di Android

Memasukkan smartphone dalam beras

smartphone ke dalam beras

Cara terakhir yang cukup unik yaitu dengan memasukkan smartphone anda ke dalam beras. Beras dipercaya memiliki sifat yang sangat menyerap air, oleh karena itu kita dapat memanfaatkannya untuk penanganan smartphone yang tercebur ke dalam air. Masukkan smartphone anda di tengah beras dan diamkan selama kurang lebih 4 hari sampai semua air di dalam smartphone anda keluar.

Anda dapat mencoba beberapa tips tersebut di rumah untuk menjaga smartphone anda tetap dalam keadaan aman. Namun jika air sudah masuk terlalu dalam serta banyak pasti akan susah untuk menanganinnya bahkan dapat membuat ponsel tersebut menjadi mati total. Demikian tips penanganan smarpthone tercebur air, semoga bermanfaat.

About Kang Dede

Suka Travelling dan memberikan info mengenai apa saja yang mudah dipahami, semoga artikel yang saya sajikan bisa bermanfaat dan "Tetap Semangat!!"

Speak Your Mind

*